Just my blog

Bersyukurlah, bersemangatlah.. do your best!

kalender..kalender... 7.11.07

Bulan syawal dah injury time, jelas ga ada perpanjangan waktu karena bukan sepak bola :P. Ceritanya kemarin saya kebingungan mencari almanak hijriyah yang versi 1 syawalnya 12 Okt, ya saya ikutan ramadhan 29 hari. Alasannya? *malu² mode on* karena yang sholat dilapangan kecamatan juga hari jum'at, seumur² saya belum pernah sholat hari raya di masjid. Tapi.. saya ga mau ah asal ikut²an, harus tau dong dasarnya apa. Berdasarkan sumber koran intelegen dan geofisika qeqeq.. metode yang digunakan adalah metode hisab. Menurut hasil searching n baca² model hisab lebih banyak digunakan n bisa diandalkan karena ada aturan baku untuk penghitungannya berdasarkan gerak matahari dan bulan. Insya Allah udah dihitung dengan teliti sedangkan model rukyatul hilal harus ngintip dulu n cukup repot jika cuaca ga mendukung n lebih repot lagi kalo jadwal sholat pilih model rukyatul hilal karena musti ngintip2 dulu :p...

"Dia-lah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkan-Nya manzilah-manzilah (tempat-tempat) bagi perjalanan bulan itu, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan hak. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui." (Yunus:5)


Oleh Allah kita sudah diberi ilmu pengetahuan so mari qta manfaatkan buat mempermudah kita menjalankan agama. Bukan berarti saya menafikan metode rukyat loh ya.. lebih baik lagi kalo digabungkan keduanya. Tapi ya susah karena cuaca tiap bagian beda-beda n gak selalu cerah..auk ah.. u/ lebih membantu kita memahami metode2 perhitungan bisa dicek disini

Back to topik..
koq sampe bingung? ya iyalah kan saya belum tahu bulan syawal ini ada brp hari trus bulan² berikutnya berapa hari each monthnya. Yang paling penasaran adalah kalo kemarin ramadhan 29 hari, trus apa idul qurbannya maju?? [big question mark dari jaman batu..:P].

Nope, ternyata gak ada perubahan sama sekali, idul adha tetap 10 dzulhijjah qeqeq.. ya eyalah.. emang mau 25 desember.. qeqeqe. Tenang sodara² tanggal 20 Des tahun ini insya Allah kita berkorban sama², tenyata idul qurbannya sama karena bulan syawalnya 30 hari. Moga² ga ada perubahan n moga² aja gak korban perasaan.. harusnya korban hewan duduls! :P

Nih saya sertakan kalendernya, kali aja ada yang butuh...



Sumpah.. itu bukan hasil hitungan saya ngitung² sendiri atau rukyatul hilal (ilmu astronomi/falak saya nol besar T_T )saya hanya ngopi dari sini :P

2 unek-eneg:

Anonymous said...

idul adhanya sama karena smua make idul adha versi arab,.. kan idul adha ada hub ma haji tuh,.. masak kalo pem arab mbikin idul adhanya tanggal ini trus umroh n haji tanggal itu, trus jamaah aaa, bbb, ccc dsb mo ndompleng n mo bikin acara haji dhewe, acara motong kurban dhewe dsb,.. ga asyik duonk :D

intinya, tiap tahun, kalendernya di-reset pas idul adha pake aturannya penyelenggara haji, gitu menurut saya,.. ada pendapat laen?

Anonymous said...

hm... masuk2...--manggut²--
sementara blom ada pendapat lain senpai ..
lagi laperrrr ga bs mikir :P

eh senpai, koq web e pindah²? penggemar e iki bingung lek ape mbezoek..